Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 28 April 2013

Panen Raya di Dusun Ransi Panjang Kelam Permai





Senin, 18 Maret 2013
Panen Raya di Dusun Ransi Panjang Desa Gemba Raya Kecamatan Kelam Permai.

Dalam rangka memanfaatkan lahan milik gereja beberapa waktu yang lalu masyarakat di Dusun Ransi Panjang Desa Gemba Raya Kecamatan Kelam Permai secara bergotong-royong menanam padi ladang di lahan seluas lebih kurang 2 hektar milik Gereja Katolik yang selama ini belum dimanfaatkan dengan optimal.

Atas inisiatif Pastor Paroki, Kepala Desa dan beberapa tokoh masyarakat di Desa Gemba Raya mencoba memanfaatkan lahan yang ada dengan menanam padi ladang dan selanjutnya apabila kondisi lahan tersebut sudah memungkinkan akan ditanami dengan karet unggul, sehingga nantinya dapat dimanfaatkan umat sebagai tempat mencari tambahan penghasilan maupun sumber pendapatan dalam menjalankan kegiatan gereja.

Padi yang ditanam pada lokasi tersebut ternyata dapat tumbuh dengan baik, dan pada saat ini dapat dipanen dengan hasil yang cukup optimal walaupun pengelolaan ladang ini tidaklah membutuhkan perhatian khusus dari masyarakat setempat. Hal ini menandakan bahwa apabila lahan-lahan kosong yang ada disekitar desa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara bergotong-royong tentu dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan penghasilan masyarakat.

Pada kesempatan panen ini hadir Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Ibu Hendrika, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sintang Bapak Ir. Arbudin Jauhari dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang Bapak Gregorius Igo, ST dan Camat Kelam Permai Bapak Maryadi. Kehadiran mereka ini selain memang di undang oleh Kepala Desa Gemba Raya, tetapi juga merupakan wujud perhatian dari Pemerintah maupun DPRD Kabupaten Sintang untuk terus mendorong agar masyarakat dapat mandiri dalam mengembangkan potensi lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar