Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 18 November 2013

Kembali Nugal di Dusun Ransi Panjang







Dusun Ransi Panjang, 18 November 2013
Hari ini saya kembali di undang oleh masyarakat Dusun Ransi Panjang Desa Gemba Raya Kecamatan Kelam Permai, untuk bersama-sama melaksanakan nugal padi di areal Kebun Karet  Gereja Stasi Ransi Panjang yang dikelola secara gotong-royong.

Seperti tahun lalu, saya kembali di undang oleh Panitia Pengelola Kebun Karet Gereja Stasi Ransi Panjang untuk bersama-sama warga nugal padi di areal milik gereja. Tahun lalu warga membentuk panitia sebagai koordinator untuk meremajakan kebun karet milik gereja. Bagian dari proses peremajaan itu adalah dengan menjadikan areal ini sebagai ladang yang dikelola secara bergotong-royong, dengan maksud membersihkan lahan dari bekas-bekas kebun karet yang lama. 

Ternyata proses tersebut berjalan dengan baik, bahkan padi ladang yang setahun lalu ditanam memberikan hasil yang cukup memuaskan, sehingga masyarakat merasa bersemangat untuk kembali memanfaatkan areal tersebut.

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk memberikan bantuan bibit karet unggul sebanyak 3.000 batang untuk ditanam di areal ini. Dengan semangat kebersamaan warga dusun dikoordinir oleh panitia pengelola secara bergotong-royong telah melakukan penanaman bibit karet tersebut. Bibit karet unggul ini sudah mulai tumbuh dan memenuhi harapan kami agar dikemudian hari dapat memberikan manfaat bagi misi gereja serta warga sekitar.

Karena masih memungkinkan untuk menanam padi disela-sela karet, maka kegiatan berladang di areal tersebut kembali dilakukan. Panitia kemudian mengkoordinir kegiatan nugal padi, sebagaimana hari ini dapat kami lakukan bersama-sama. Areal milik gereja ini luasnya kurang lebih 2 hektar, dengan banyaknya jumlah warga masyarakat Dusun Ransi Panjang yang ikut berpartisipasi kegiatan nugal ini berlangsung tidak terlalu lama. Menjelang siang hari, seluruh areal telah berhasil ditugal. 

Merupakan pengalaman yang berharga bagi kami dapat bersama-sama dengan masyarakat melakukan kegiatan ini, karena sebagai wakil rakyat saya berkeinginan untuk dengan sungguh-sungguh mendorong agar masyarakat di pedesaan dapat mandiri membangun ekonomi keluarga.

Melalui kewenangan saya sebagai anggota DPRD Kabupaten Sintang, walaupun amat terbatas terus ber-upaya untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui SKPD-SKPD terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar